Senin, 20 Juli 2020

Kerajinan Tulang Ikan

Selama ini tulang ikan biasa dipergunakan sebagai bahan pakan ternak. Tulang ikan dihaluskan menjadi tepung tulang. Sebagian besar orang membuang limbah tulang ikan ini karena tidak lagi bermanfaat. Jika masa panen ikan, orang tidak sempat lagi mengolah limbah tulang ikan. Limbah tulang ikan menjadi pemandangan yang mengganggu karena hanya dibuang begitu saja di sekitar lingkungan.


Ternyata Limbah tulang ikan dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar kerajinan yang cukup unik dan artistik. Produk kerajinan dari tulang ikan masih tergolong langka, sehingga sangat berpotensi dikembangkan lebih lanjut. Masyarakat yang tinggal di dekat perairan laut, pantai atau pasar ikan tidak akan menemui kesulitan dalam memperoleh limbah tulang ikan dan tidak perlu mengeluarkan banyak dana untuk mendapatkan bahan baku kerajinan ini.

1) Bahan pembuatan produk kerajinan dari limbah tulang
ikan

Bahan baku pembuatan kerajinan limbah tulang ikan adalah tulang ikan dengan seluruh bagiannya. Selain itu, digunakan pula lem power dan semprotan pewarna.

Bahan Pembuatan Limbah Tulang Ikan; a. tulang ikan b. lem c. cat semprot

2) Alat pembuatan kerajinan limbah tulang ikan

Alat pembuatan kerajinan limbah tulang ikan mudah didapat di
antaranya:


  • Amplas 
  • Gergaji besi 
  • Lem tembak
  • Gerinda.

3) Produk kerajinan dari limbah tulang ikan

Dengan berbekal keterampilan, kreativitas, dan alat-alat sederhana, produk kerajinan dari limbah tulang ikan ini dapat diolah menjadi berbagai bentuk seperti hiasan dinding/ruang, bunga, miniatur kendaraan, dan miniatur tokoh.

4) Proses pembuatan kerajinan dari limbah tulang ikan


Proses pembuatan kerajinan dari tulang ikan tidak sesederhana yang dibayangkan. Untuk menghasilkan produk yang bagus diperlukan ketelitian dan kesabaran dalam membuatnya. Agar hasilnya dapat bervariasi dan unik, perlu dibuat rancangan terlebih dahulu sehingga hasilnya lebih rapi dan sesuai prinsip keindahan. Proses pembuatan kerajinan tulang ikan yang disajikan ini berupa kerajinan aksesoris.

Langkah - Langkah Pembuatan:


1. Pilihlah tulang rusuk ikan yang besar dan bagus.

2. Bilah menjadi kecil kecil mengikuti ruas. Tulang yang besar untuk liontin.

3. Susun dengan roncean di seutas tali kulit.

4. Ikat tali membentuk simpul pada ujung tali kanan dan kiri.

5. Kalung sudah jadi dan siap di pakai.




Kerajinan Tangan Limbah Tulang Ikan Mengolahan tulang ikan dapat dilakukan dengan cara sederhana. Setelah dicuci bersih, tulang ikan dijemur matahari langsung. Satu hal yang perlu diperhatikan yaitu pisahkan bagian-bagian yang berpotensi untuk dijadikan produk kerajinan yang sesuai. Tulang ikan dapat pula diberi warna dengan menggunakan pewarna kuas atau semprot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CONTOH KERAJINAN DARI KACA

CONTOH KERAJINAN DARI KACA Membuat kerajinan tangan adalah hal yang menyenangkan. Apalagi hobi yang satu ini bisa membuat benda-benda tidak ...